Bagaimana Anda Membuat Pillar?

Diposting oleh Catalog Info | | 1 komentar »

Tidak ada rumusan jelas untuk mebuat artikel yang nantinya menjadi pilar, tapi ada beberapa karakteristik kunci yang bisa ada kerjakan dengannya. Anda mungkin akan terkejut melihat beberapa artikel menjadi pilar meskipun tidak anda harapkan, atau kebalikannya anda mengharapkan sebuah artikel menjadi pilar tetapi tidak membawa trafik sama sekali.



Ada beberapa sifat artikel pilar yang bisa anda posting dke blog anda:

1. Artikel “How-To”
Ini adalah konsep artikel pilar staple. Pikirkan tentang industri anda dan tulislah sebuah artikel yang mengajarkan bagaiman melakukan sesuatu tentang topik yang anda kuasai dan mempunyai pengalaman disana.

Beberapa kemungkinan contoh :
● Jika anda seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang bagaimana memasarkan sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang.
● Jika anda blogging tentang anjing, tulislah bagaimana memilih nama anjing yang sesuai.
● Jika anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk menyiapkan hidangan.
● Jika anda blogging tentang kehidupan anda, tulislah panduan how-to dalam pengembangan diri dari pelajaran pengalaman hidup yang sudah anda dapatkan (contohnya Bagaimana anda mendapatkan sebuah pekerjaan, bagaimana anda memutuskan hubungan dengan pacar anda dll. Ini harus beralasan di mana topik how-to sangat popular dan relevan dengan audien anda dan anda merasa punya kemampuan untuk mejelaskannya. Ingatlah untuk menceritakan cerita jika anda bisa!

2. Artikel definisi
Beberapa industri mempunyai konsep yang tidak diketahui pembaca baru. Jika sebuah konsep itu rumit, buat sebuah artikel pilar yang menjelaskan konsep itu, memaparkan dengan jelas apa artinya dan bagaimana ini bisa di implementasikan. Ini mungkin kelihatan sederhana dan mebingungkan buat anda, tapi ingatlah bahwa anda ahli di bidang anda, jadi jelaskan ini kepada pendatang baru dengan sederhana dan tentunya cobalah mengatakan sebuah cerita sebagai contoh. Sebuah halaman definisi glosary adalah sebuah sebuah artikel pilar yang bagus.

Jika ada beberapa konsep kunci yang menarik di industri anda, tulislah sebuah artikel yang mendaftar konsep-konsep itu dan berikan satu paragraf untuk mendifinisikan setiap konsep. Sebuah resource seperti ini sangat bagus sebagai bagian referensi dan direferensikan balik oleh blog dan website lain.

Anda mungkin bertanya kenapa melakukan hal ini jika kebanyakan istilah itu sudah didefiniskan di tempat lain seperti wikipedia? Tidak menjadi masalah untuk ngelink ke website lain khususnya untuk istilah pendek ketika anda baru memulai, tapi akan lebih baik jika menuliskan definisi sendiri. Hal ini akan menjaga pembaca tetap ke blog anda, meningkatkan pageview (jumlah total halaman yang dibaca pembaca blog anda) dan visitor lenght (berapa lama para pembaca tinggal di blog anda).

Anda bisa menjelaskan dengan bahasa anda sendiri, menggunakan cerita dan suara unik anda sendiri. hal ini mebangun kredibilitas dan kepercayaan. Lebih cerdas lagi jika mengikutkan versi definisi anda sendiri jika anda berkemampuan untuk menjelaskan sebuah istilah atau konsep dari pada nglink ke situs lain dan memberikan trafik anda.

3. Presentasikan sebuah teori atau argumen
Jika anda blogging tentang politik, tulislah sebuah artikel yang mendiskusikan teori anda tentang komunisme, demokrasi, kapitalisme atau khilafah akan bisa menjadi artikel pilar yang bagus.

Hal yang terpenting disini adalah menyajikan beberapa pemikiran yang unik. Berikan opini anda pada bebeapa isue besar dalam industri anda, atau bahkan pada topik utama yang mungkin pembaca anda akan tertarik. Cobalah untuk tidak sekadar mengulangi apa yang telah dikatakan dan sajikan dengan jelas apa pendapat anda. Pancing pembicaraan, mungkin juga kontroversi, tentang topik yang sering kali didiskusikan dan tidak bergantung waktu dan anda akan mengalirkan trafik ke blog anda.

4. Buatlah sebuah resource seperti laporan gratis, whitepaper atau e-course Hal ini adalah salah satu konsep pilar favorit saya.Sebuah dokumen seperti sebuah whitepapper (sebuah dokumen kecil, 2 – 10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu) atau serial dari artikel yang dikombinasikan untuk membuat sebuah kursus, adalah sebuah pilar yang fantastis.

Anda punya beberapa pilihan untuk menyajikan informasi itu:
● Buatlah PDF yang bisa di download pembaca anda, seperti apa yang bisa anda baca sekarang. Keuntungan dari cara ini adalah file bisa dibagikan dengan mudah (sebagai contoh diforward lewat email – hint, hint ;-) ) dan anda akan mendapatkan efek dari viral marketing, utamanya jika anda memproduksi e-book atau report dengan kualitas bagus.
● Tuliskan konten dalam beberapa posting blog dan interlink-kan semua. Anda juga bisa menjadikan mereka highlight serial tersendiri di arsip anda atau halaman artikel. Jika anda mengunjungi bagian artikel di blog saya dibawah heading “Free Report”, anda akan melihat sebuah contoh dari sebuah laporan PDF yang saya letakkan bersama Brian Clark , ini adalah contoh yang bagus dari konten pilar resource gratis. Jika anda tidak bisa memutuskan cara mana yang terbaik untuk mendistribusikan konten pilar resource gratis anda, saran saya adalah tawarkan sebanyak mungkin cara. Buatlah PDF yang bisa di download, lewat posting dan via mailist juga. Dengan cara itu anda bisa memaksimalkan liputan dan menjangkau audien lebih luas. Hal penting dari konsep ini adalah untuk menciptakan solusi lengkap untuk sebuah masalah umum. Mirip dengan artikel how-to, resource gratis adalah konsep pilar yang ampuh karena hal ini menunjukkan keahlian anda dan membawa trafik tetap.

5. Satu lagi konsep pilar yang popular adalah Daftar artikel. Anda mungkin sudah melihat di beberapa blog lain. Biasanya judulnya berbunyi “Tujuh cara jitu untuk...” atau “10 tips Untuk Meningkatkan...” dll. Pekerjaan ini berjalan baik untuk beberapa alasan.

- List itu bisa dibuat dengan mudah oleh manusia.
Sudah di tes dan dibuktikan bahwa artikel sejumlah 300 – 700 kata yang banyak dan jelas mengandung daftar dot-point bullet dan kompilasi headline adalah pendorong trafik yang bagus. Dalam kasus ini, semua tentang penyederhanaan konsumsi dari banyak orang dengan sedikit perhatian – i.e kebanyakan wen surfer.

- List bisa menyediakan pelajaran langsung yang bisa di laksanakan dan orang senang untuk berbagi list dengan orang lain. Akibatnya artikel list seringkali di link oleh orang lain dan ditambahkan ke situs bookmarking sosial yang medatangkan trafik. Artikel list di sajikan dengan mengikuti seluruh standar aturan konsep artikel pilar – timeless, konten orisinil, ide pemecahan masalah – dan anda bisa membuatnya bisa di aplikasikan langsung oleh audien anda, kebanyakan list akan menjadi pilar.

Buatlah daftar topik yang dijangkau kebanyakan orang atau konsep yang sederhana. Seperti biasanya semakin banyak anda mengikutkan cerita pemikiran anda gaya unik, semakin besae kemungkinan list anda akan bekerja bagus.

6. Blueprint Teknis
Sebuah blueprint teknis mirip sekali dengan how-to dan whitepaper, tetapi lebih fokus kepada aspek teknis dari masalah. Blogger dengan fokus technolgy sangat tepat untuk membuat pilar blueprint karena mereka senang sekali memakai graph, spreadsheets dan gambar untuk mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Sebuah blueprint teknis adalah artikel panduan langkah-demi langkah yang disertai visualisasi yang mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Designer dan programmers menggunakan posting gaya ini menunjukkan bagaimana membuat sebuah website, mendesign gambar dengan Photoshop, menkodekan software, atau pekerjaan lebih sederhana untuk melampirkan file ke email.

Anda bisa menerapkan prinsip ini hampir di semua industri yang kemungkinan perkerjaan umum merupakan hal komplek untuk di pahami. Dalam hal ini lebih banyak menujukkan gambaran daripada sebuah cerita. Secara pribadi, saya lebih mudah menulis cerita daripada harus mengambil banyak screenshoots dan foto, tetapi mungkin tidak berlaku untuk anda. Jika anda mempunya akses ke resource yang dibutuhkan, membuat blog dengan gaya blueprint yang menjelaskan dengan jelas bagaimana melakuakan sesuatu adalah konsep pilar tang sempurna.

Itu sudah mencakup sebagian besar konsep pilar yang bisa anda terapkan pada blog dan cobalah. Jika anda menulis sebuah artikel setiap hari menggunakan konsep-konsep di atas, anda akan mempunya fondasi kuat untuk menjadikan blog yang suskes. Yang hanya perlu anda tambahkan adalah mengabungkan dengan marketing yang efektif...

1 komentar

  1. Azhari Subroto // 14 Februari 2009 pukul 08.46  

    et dah
    nih blog 100% copas dari buku EJ ya???
    cip
    gimana ndonesia mau maju