Kanal Komunikasi

Diposting oleh Catalog Info | | 1 komentar »

Sudah saya jelaskan di awal beberapa format konten pilar, sekarang saya ingin melakukan hal yang sama untuk taktik marketing. Sebelum saya mendaftar aktivitas spesifik yang saya lakukan untuk membangun trafik ke blog saya, anda perlu mengerti bahwa ada dua kategori yang saya gunakan untuk menjelaskan kenapa satu teknik berjalan baik sementara lainnya hasilnya sangat buruk.



Seperti yang saya katakan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang kanal komunikasi dan untuk menyederhanakan semua akan dibagi menjadi dua kategori – yaitu besar dan kecil, sungai dan aliran.

Contoh dari kanal komuniasi kecil adalah meninggalkan komentar, posting di forum-forum, mengupload artikel ke direktori seperti Ezineartikel.com, mengirimkan ke blog carnivals, melakukan linkexchange dan mengirimkan ke direktori situs. Semua teknik di atas mungkin menghasilkan trafik yang bagus, tapi bagi rata-rata dan kebanyaan orang mereka tidak pernah menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Dengan melakukan hal itu setiap hari dengan iseng. Seperti menambahkan 1+1+1 dan seperti itu setiap hari, sebuah metodologi “langkah bayi”. Tidak salah jika anda menggunakan metode langkah bayi, tapi akan pelan dan anda melakukannya sedikit lebih berat. Saya mengetahuinya karena pada awalnya saya juga membangun blog saya dengan sedikit aliran trafik. Anda belajar banyak, sangat mengecewakan juga karena membutuhkan banyak waktu untuk membangun trafik yang besar. Hal yang mengasyikkan terjadi ketika salah satu aliran kecil itu mengarahkan saya menuju sungai, banjir trafik datang dengan periode yang cepat ketika saya membuka kanal komunikasi yang besar.

Trafik dari sungai besar datang ketika sebuah blog popular featuring blog anda, ketika anda di halaman depan dari Digg atau halam popular seperti Del.icio.us, atau anda di wawancarai radio atau TV untuk membicarakan blog anda. Seseorang dengan email newsletter merekomendasikan blog anda, koran mainstream memuat artikel anda bisa menghasilkan trafik raksasa. Itu semua adalah sumber pemberitaan yang jauh lebih besar – kanal komunikasi besar – sang bengawan.

Kendalanya adalah kebanyakan blogger belum mempunyai akses ke kanal komunikasi besar ketika baru memulai. Sesorang dengan status selebritis mendapatkan akses ke kanal komunikasi segera ketika mereka memulai blogging. Karena itulah anda selalu mendengar tentang seorang yang terkenal baru memulai blogging – hal itu sendiri merupakan berita.

Anda bisa membeli kanal komunikasi besar dengan mengeluarkan uang untuk iklan dan publisitas. Ada cara yang cerdar untuk mendapatkan publisitas tanpa harus mengeluarkan biaya besar (marketing Gorila hanya melakuakan hal itu) tapi itu bisa jadi aktifitas gerilya.

Saya akan asumsikan bahwa anda tidak terkenal dan tidak punya banyak uang untuk
dibakar dalam mempromosikan blog anda, jadi anda akan memulai dengan kanal komunikasi yang lebih kecil dan mengerjakannya menuju kanal komunikasi yang lebih besar.

1 komentar

  1. Anonim // 20 Juli 2008 pukul 16.53  

    Ya , saya setuju untuk komunikasi yang lebih efektif adalah dengan menghantar artikel yang informtif ke http://www.ezineartikel.com