Bagaimana Cara Memasarkan Blog

Diposting oleh Catalog Info | | 10 komentar »

Setelah anda punya konten pilar dan ada punya rencanan untuk mengeluarkan rangkaian konten serupa, langkah berikutnya adalah menarik orang dan tunjukkan ke mereka betapa mengagumkan konten anda. Inilah saatnya marketing menjadi penting dan seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang membangun kanal komunikasi.

Sebuah kanal komunikasi adalah cara untuk memberi tanda seseorang dan menyebabkan mereka melakukan sesuatu, biasanya mengklik sebuah link dan mengunjungi blog anda. Ada banyak cara untuk membangun kanal komunikasi, dari yang mudah sampai yang rumit dan memakan waktu.

Apakah anda pernah mendengar pernyataan “ada uang ada barang”? Pernyataan tadi sangat cocok dengan pemasaran blog. Hal-hal yang mudah untuk dilakukan biasanya tidak ampuh. Hal-hal yang membutuhkan lebih banyak waktu dan perjuangan memberikan hasil yang lebih bagus dengan lebih banyak trafik.

Berikut adalah contoh singkatnya:

Taktik: Meninggakan komentar di blog lain.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa meninggalkan komentar di blog lain akan menarik orang untuk mengunjungi blog anda. Setiap komentar yang anda tinggalkan akan meniggalkan link ke blog anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah menyisihkan sedikit waktu untuk menuliskan satu dua buah kalimat, dan anda mendapatkan sebuah informasi yang akan membuat orang mengunjungi blog anda.

Itu adalah taktik sederhana yang banyak dilakukan orang. Komentar ada di mana-mana sementara itu adalah bagian dari fenomena blog, komentar sebagai alat pemasaran efektifitasnya sangat buruk. Itu hanya akan memberikan beberapa trafik pengunjung. Ada cara yang lebih ampuh untuk menjadikan komentar sebagai kanal komunikasi. Sebagai contoh, luangkan lebih banyak waktu untuk setiap komentar sehingga anda memberikan nilai yang signifikan pada pembicaraan tersebut, fokuskan lebih banyak komentar pada beberapa blog kunci dan gunakan komentar sebagai saran membangun hubungan dengan blogger terkenal.

Taktik: Tulis sebuah report gratis 30 halaman dan rilis di blog anda, kemudian emailkan ke blogger lain supaya mereka mengetahuinya. Sebuah teknik yang ampuh adalah meluangkan waktu seminggu untuk menulis laporan yang komprehensif, rilis di blog anda, emailkan ke beberapa blogger terkenal dan biarkan mereka memeriksanya. Hasilnya bisa bervariasi, tetapi jika semua berjalan lancarakan banyak sekali blog yang ngelink ke blog anda untuk merekomendasikan report itu, memberikan banyak sekali pembaca baru. Jika anda mempunyai konten pilar di TKP, anda akan mengubah banyak sekali pengunjung pertama menjadi pengunjung regular dan bam, audien instan.

Saya sadari ini adalah kanal komunikasi dengan napas dan jangkauan luas. Ini seperti sungai yang besar ketimbang aliran kecil – sebuah teknik pemasaran blog yang terus memeberikan trafik beberapa bulan bahkan beberapa tahun mendatang. Jika anda mencari contoh dari teknik ini lihatlah laporan yang sedang anda baca sekarang. Pastikan untuk memfoward laporan ini ke seluruh teman anda dan buatlah posting di blog anda untuk merekomendasikan donwload report ini juga, jadi anda bisa membantu untuk membuktikan maksud saya.

10 komentar

  1. Anonim // 30 Desember 2008 pukul 08.52  

    bloggernya boleh jg...
    mohon bimbingannya...

  2. Anonim // 11 Februari 2009 pukul 15.49  

    jitu juga sarannya...

  3. Anonim // 15 Februari 2009 pukul 09.10  

    wah, saya baru dapat ide neh, thanks ya...artikkelnya cukup membantu

  4. mas // 18 April 2009 pukul 21.52  

    ide yang bagus.. Kalau mau lirik lagu terbaru dan mp3-nya, kunjungi www.mp3-new.co.cc

  5. jual uang kuno murah // 27 Mei 2009 pukul 21.28  

    thanx infonya....
    langsung gw praktek ih...

    bagi temen2 yang suka mengkoleksi uang kuno atau barang antik, kunjungi :

    http://uangkuno-murah.blogspot.com/


    kami menjual dengan harga lebih murah dibandingakan yang lain...dijamin

  6. Unknown // 3 Agustus 2009 pukul 20.06  

    makasih buat info nya..
    ngebantu ne.. thx banjet..
    buat yang laen, liat blog gw ya? n dont forget to leave your comment?
    sobatkecil.blogspot.com
    thx alot...

  7. Anonim // 11 Agustus 2009 pukul 19.13  

    makasi atas sarannya yang sangat membantu....

    bung jgn lupa kunjung juga blog saya http://rakyatmerah-manusiamerdeka.blogspot.com/

  8. InnovativeProduct // 8 September 2009 pukul 22.24  

    uda expert nih bloggernya,,hehe..thx yah atas infonya yg bgtu membantu..
    jgn lupa yah kunjungin ke blog saya www.InnovativeProduct.blogspot.com..thx.
    GBU.

  9. van-chicharito // 23 Oktober 2010 pukul 00.39  

    hm...
    boleh juga nih nih bro.

    berhak mencoba.
    yang pasti tuk lebig myakinkan pembaca yaitu dengan cara meninggalkan komentar-komentar yg cukup berkualitas seperti ane nih gan..
    hahahah
    pertamax

  10. kesehatan // 6 Januari 2011 pukul 15.27  

    terimakasih atas infonya

    kk jlupa kunjungi blog ane..

    http://seputar-listrik.blogspot.com