Sebagus kanal informasi kecil, kadang anda harus membuat terobosan dengan meluncurkan konten pilar yang benar-benar unik – pilar konten yang benar-benar special. Seperti yang sudah saya katakan, bahwa anda akan mendapat sebanyak yang anda berikan, semakin banyak anda membayar untuk menarik simpati yang lain itulah yang didapat.

Menuliskan sebuah report seperti blueprint ini akan membawa lebih banyak trafik daripada menulis satu artikel, itu sudah jelas. Beberapa konten pilar mempunyai ilai yang lebih dari yang lain dan karena itulah mereka mendatangkan balasan dengan perhatian yang lebih. Pertumbuhan pesat blogosphere saat ini akan semakin menyulitkan untuk mendapatkan perhatian karena standar nya sudah semakin tinggi. Ini adalah sifat alamiah dari marketing.

Seorang yang pertama kali menggunakan metode pendistribusian unik, format atau topik, itulah yang paling ampuh. Orang berikutnya yang menggunakan teknik serupa, dampaknya tidak akan sedahsyat yang pertama dan demikian seterunya karena pasar sudah mengenalinya.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa teknik yang bekerja bagus untuk membuka kanal komunikasi besar meskipun sudah ada yang melakukan sebelumnya.

Report gratis.

Yang satu ini adalah biangnya, khususnya jika anda mencakup beberapa informasi berharga yang belum ada di luar sana. Sebuah dokumen PDF 10 -50 halaman, rilis lewat blog dan atau link di blog anda, akan menjadi alat pemasaran blog yang fantastis. Jika membahas topik yang benar-benar popular anda akan mendapatkan trafik yang sangat signfikan. Beberapa report gratis didowload dan dibaca orang melebihi buku-buku best-selling, seperti blognya Hugh McLeod's Gaping Void, bisa membawa lompatan bagus pada blog menuju tingkatan kategori yang lebih tinggi. Hugh menulis artikel yang sangat popular, How to be Creative, yang menjadikannya report yang di download lebih dari sejuta kali.

Audio/Podcast/Teleseminar


Tambahkan podcast ke blog anda dan anda menciptakan sebuah kanal informasi baru – audio. Beberapa blog dibangun di belakang podcast popular menggunakan perangkat marketing podcas yang ampuh seperti iTunes (gunakan iTunes untuk memaksimalkan podcast anda – gratis dan anda bisa merujuk pada panduan dari Apple untuk mempelajarinya). Yang hebat lainnya dari audio adalah teleseminar. Panggil blogger lain lewat telepon yang menghubungkan ada ke publik. Bicarakan tentang topik tertentu, ambil pertanyaan dari para pendengar dan rekam itu untuk dirilis lewat blog.

Coba temukan orang yang terkenal di industri anda dan undang untuk melakukan teleseminar dengan anda. Coba freeconference.com untuk menjalankan teleseminar anda.

Video/screencasts

Seperti juga audio, jika menambahkan video anda akan menciptakan cara lain untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika anda merilis sebuah video via YouTube misalnya, dan itu ngelink ke blog anda, atau anda mendistribusikan sebuah video dari blog anda dan banyak sekali orang yang ngelink kesana, anda akan meningkatkan trafik secara dramatis. Efek viral marketing seringkali terjadi pada sebuah video yang bagus, yang mungkin ditonton oleh ratusan ribu orang, atau bahkan jutaan orang dalam beberapa hari.

Jika anda kesulitan membuat video action gaya film, mulai dengan software screencapture seperti Camtasia, yang bisa anda gunakan untuk merekam layar komputer anda. Sebuah tutorial Camtasia akan menjadi konten pilar yang sangat bagus. Camtasia adalah software yang saya gunakan untuk membuat video yang anda liahat diawal report ini.

Software

Software yang dirilis lewat blog akan menjadi alat pembangkit trafik raksasa. Jika sofware anda menjadi standart de-facto untuk melakukan sesuatu, maka balsannya akan sangat besar dan masiv. Pikirkan sebuah program sederhana seperti plug-in untuk blog, atau ekstension untuk browser firefox, software yang sangat mudah untuk dibuat. Itu akan memberikan hasil incoming link dan gelombang trafik yang berulang. Ingatlah, anda tidak harus melakukan programming sendiri. Temukan idenya dan datanglah ke elance.com, rentacoder.com atau guru.com dan dan dapatkan orang yang membuat software untuk anda dengan harga yang sangat ringan, atau cari di forum-forum tempat mangkal para programmer dan mintalah penawaran.

Pilar Berseri

Konten pilar berseri juga seperti artikel pilar, bedanya dia membutuhkan lebih banyak perjuangan untuk dibuat. Bukan hanya sebuah artikel, anda harus membuat serial artikel dengan topik yang sama. Anda mungkin menggunakan artikel pilar sebagai bab di buku anda, atau free report tersendiri yang anda publikasikan secara beseri di blog anda. Seperti juga artikel pilar, serial pilar yang bagus akan sangat efektive untuk menarik perhatian dan membuka kanal komunikasi besar ketika sebuah blog papan atas ngelink ke postingan anda.

Jika anda ingin informasi lebih banyak tentang bagaimana membuat pilar berseri, blog traffic tips saya issue #38 sudah menuliskan topik itu. Anda bisa mendaftarkan diri ke newsletter gratis di http://www.BlogTrafficKing.com, atau temukan di arsip newsletter di bagian arsip blogging forum.

Ber-Eksperimen dan ber-Inovasi

Semua di atas tadi adalah semua ide untuk membuat konten pilar yang saya lihat digunakan oleh blogger lain dan juga saya gunakan untuk membuka kanal-kanal komunikasi besar. Bagaimanapun juga ini buka ilmu pasti dan tindakan tertentu tidak menjamin hasil tertentu.

Saran terbaik saya adalah fokuslah untuk menciptakan nilai kepada pembaca anda dan gunakan teknik-teknik yang kreatif untuk menyampaikan nilai-nilai itu. Sesuatu yang disampaikan menggunakan cara yang unik akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada hal yang sama disampaikan dengan cara tradisional, cara-cara yang sudah-dilakukan sebelumnya. Jika anda menginginkan perhatian yang maksimal anda harus kreatif.

0 komentar