Selama perjalanan membangun bisnis-bisnis online, saya berusaha untuk menghindari sikap untuk mempekerjakan diri sendiri, selalu mencari cara untuk menghapus diri saya sebagai orang kunci dalam sistem bisnis. Prinsip-prinsip ini sudah di tancapkan oleh guru-guru seperti Michael Garber dengan bukunya E-Myth dan dipraktekan langsung ke bisnis internet oleh mentor saya, Rich Schefren. Rich mengajarkan bagaimana untuk menciptakan Enterprises Online yang bisa berjalan dengan sistem, bukan kerja keras anda (cobalah Internet Business Manifesto dia sebagai bacaan bagus untuk topik ini).



Selanjutnya, ketika saya memulai untuk membangun blog saya sebagai alat pencetak uang, saya berfokus untuk menciptakan stabilitas dan membangkitkan penghasilan yang tidak bergantung pada saya. Jika gol pertama anda untuk menciptakan penghasilan yang cukup sehingga bisa keluar dari pekerjaan, kemudian anda mendapatkan kestabilan melalui konsistensi.

Anda ingin memastikan jika anda mendapatkan $2000 dalam sebulan, akan mendapatkan jumlah yang sama (atau lebih di bulan-bulan berikutnya). Dengan mendapatkan sumber pendapatan yang bergantung (anda), yang kemudian menijinkan anda untuk keluar dari pekerjaan dan memecahkan kendala ketakutan metal . Jka pendapatan blog anda $300 dalam sebulan kemudian $1000, kemudian $500 mungkin anda tidak merasa aman untuk keluar dari kerja. Anda perlu untuk mengetahui bahwa blogging adalah sumber penghasilan jangka panjang. Itulah gol pertama anda.

Bagaimanapun juga, disinilah poin kunci yang tidak disadari kebanyakan blogger profesional, meskipun pendapatan anda stabil, jika anda harus memposting beberapa artikel setiap hari untuk menjaga konsistensi pendapatan itu, anda baru saja menciptakan sebuah pekerjaan baru untuk diri anda sendiri. Itu bukan kebebasan bisnis, itu hanya mempekerjakan diri sendiri.

Jangan salah juga, blogging sebagai pekerjaan juga bagus buat saya. Saya yakin banyak orang yang dengan senang hati keluar dari pekerjaan mereka dan bekerja menulis dari rumah untuk hidup. Itu bukan situasi yang buruk, tapi buat saya itu belum cukup bagus. Saya suka blogging. Saya senang sekali jika anda yang mengambil keuntungan dari tulisan saya dan saya punya cara untuk mengkomunikasikan ide, berbagi dengan orang lain, yang mempunyai kesamaan minat. Saya ingin blogging dan saya memilih blogging sebagai kegiatan rutin. Apa yang tidak saya inginkan adalah ketika saya terpaksa harus terus blogging ketika saya sedang tidak menginginkannya untuk menjaga agar penghasilan terus mengalir. Blogging profesional bukanlah sumber penghasilan pasif.

Anda bisa membangun sebuah blog sebagai sumber penghasilan pasif dengan mengungkit orang lain dalam penciptaan konten, tapi itu bukan topik dalam report ini. Jika anda menginginkannya, cobalah serial saya tentang cara membangun model bisnis yang berkesinambungan dimulai dari - Is Professional Blogging A Sustainable Business Model?

Lebih penting lagi, saya punya kebebasan memilih libur blogging untuk meluangkan waktu buat keluarga dan teman, pergi renang di tengah hari kalau saya inginkan. Pendapatan yang stabil tidak bergantung pada jumlah artikel yang saya buat dari hari pertama karena saya tidak ingin blogging seperti karyawan 9-5 (sembilan jam sehari lima hari seminggu). Tidak jadi masalah jika anda mau melakukan kerja keras dan anda mendapatkan hasil yang besar, tapi yang tidak anda inginkan adalah jaminan keuangan untuk menjaganya, atau anda mengalami musibah.

– Bagaimana jika anda sakit dan tidak bisa blogging sementara?
– Bagaimana jika mulai jenuh dengan topik blog anda?
– Bagaimana jika anda mulai capek kerja keras?

Semua pertimbangan ini perlu dipikirkan mulai hari pertama. Jika anda ingin membangun gaya hidup dan sumber penghasilan yang stabil dengan blog anda yang sukses, anda harus membuat beberapa keputusan penting tentang bagaimana anda menghasilakan uang dari blog anda.

1 komentar

  1. sigit // 22 Juli 2009 pukul 08.58  

    Mudah-mudahan blog ini akan lebih baik dan sukses untuk kedepannya!
    salam kenal!